Dulur dan #sobatwisata
Pelatihan Optimalisasi Marketing Digital
Dalam rangka meningkatkan kapasitas digital marketing dan kolaborasi antar pelaku industry dan stake holder pariwisata Kabupaten Trenggalek, Disparbud selenggarakan Kegiatan Bimtek Tentang Tehnik Dan Strategi Digital Marketing Pariwisata Pada Media Sosial bertempat di Hall Tri Buana Tungga Dewi, Hotel Hayam Wuruk, Rabu (14/09/2022).
Kegiatan ini menghadirkan perwakilan desa wisata, media partner, agen/biro perjalanan wisata, PHRI, HPI dan pengelola destinasi/daya tarik wisata serta segenap pejabat dan staf Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs. Sunyoto, dalam sambutannya menegaskan pentingnya memperoleh market share yang tinggi dari digital market potential. Data menunjukan bahwa pengguna social media merupakan target pasar digital yang potensial. Berdasarkan data APJII dalam Profile Internet Indonesia 2022, 98,02%, alasan orang Indonesia menggunakan internet adalah untuk mengakses social media. Sementara itu, survey terhadap konten internet yang sering diakses oleh pengguna internet menunjukan bahwa sebanyak 89,15% persen responden menjawab media social.
Selain itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menegaskan bahwa seluruh stake holder harus memahami konsep digital marketing dan berkolaborasi serta bermitra secara aktif dalam memasarkan produk-produk pariwisata Trenggalek. Hal ini akan berkontribusi signifikan terhadap pencapaian salah satu misi RPJMD Kabupaten Trenggalek tahun 2021-2026, yaitu Mewujudkan Trenggalek Sebagai Kota Pariwisata Berbasis Kolaborasi dan Berkelanjutan Dimulai dari Pemberdayaan Masyarakat Desa.
Narasumber utama kegiatan tersebut adalah Dr.(c) Sovia Rosalin, A.Md.,S.Kom.,S.AP.,M.AB dari Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya Malang. Beliau menyampaikan materi tentang digital marketing dengan cakupan ruang lingkup dasar-dasar pemasaran, perencanaan digital marketing, pengenalan strategi marketing mix, SEO marketing, E-mail Marketing dan social media marketing.
Salam Pariwisata.