Tim Disbudpar Jawa Timur Kunjungi Desa Wisata Trenggalek

Cari Berita


 

Sebagai kelanjutan dari program pendampingan desa wisata di Trenggalek yang sebelumnya telah diawali dengan bimtek secara virtual

pengembangan desa wisata selama empat hari dengan narasumber akademisi dan praktisi desa wisata, pada hari Selasa-Rabu, 14-15 September 2021, team Disbudpar Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kunjungan lapangan di lima desa wisata, yaitu Desa Wisata Tegaren, Desa Wisata Senden, Desa Wisata Dongko, Desa Wisata Pandean dan Desa Wisata Ngulung Wetan.

Dalam kunjungan lapangan tersebut, team Disbudpar Provinsi Jawa Timur terdiri dari pejabat dan staf Disbudpar serta beberapa narasumber bimtek virtual sebelumnya, yaitu Prof. Lukman Hakim, akademisi Universitas Brawijaya Malang, dr. Wahyu Setiawan, ST, MT, akademisi ITS Surabaya, Muhammad Anshori, ketua Pokdarwis Jawa Timur dan pengelola Desa Wisata Gubug Klakah.

Setiap desa wisata yang dikunjungi team Disbudpar Jatim tersebut memaparkan kondisi desa wisatanya yang meliputi potensi, kelembagaan, rencana pembangunan fasilitas, rencana pengembangan produk wisata dan paket wisata, serta kendala yang dihadapi. Setelah paparan dilanjutkan dengan komentar dari para akademisi dan praktisi tersebut serta tanya jawab.

Team memberikan masukan yang sangat penting untuk selalu dipedomani dalam mengembangkan desa wisata. Pertama, pengembangan desa wisata harus melestarikan kondisi alam, sosial dan budaya desa apa adanya. Jangan sampai menghadirkan kota di desa. Kedua, pembangunan amenitas pariwisata harus direncanakan secara seksama dan menggunakan material lokal agar karakter dan keunikannya lebih nampak. Ketiga, pengelola desa wisata harus mengedepankan rasa ikhlas membangun desa. Ketika menghadapi tantangan dan kendala, pengelola harus menjawab dengan kerja keras dan fakta bahwa desa wisata yang dikelola bisa berjalan dan sukses. Keempat, target pasar harus jelas, yaitu pasar yang menginginkan suasana desa. Selanjutnya, dalam pengembangan produk dan paket-paket wisata, Pokdarwis Jawa Timur juga siap memberikan asistensi kepada para pengelola.