Kabar Dinas

Temuan Benda Kuno di Kecamatan Panggul

Temuan Benda Kuno di Kecamatan Panggul

Telah ditemukan benda-benda kuno yang diperkirakan berasal dari era dinasti Ming dan dinasti Tang ditemukan di Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Benda sejarah dua dinasti Cina yang diperkirakan pada masa Kerajaan Majapahit itu ditemukan di areal persawahan milik warga. Pertama kali, benda kuno tersebut ditemukan oleh Sukarni, warga Dusun Jatigambang Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek di lahan persawahan yang digarapnya.

Ir. Joko Irianto, M.Si, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek mengatakan bahwa saat ini telah diambil langkah koordinasi dengan sejumlah pihak sehubungan dengan adanya temuan benda kuno yang diperkirakan berumur ratusan tahun tersebut. Selain hal tersebut merupakan prosedur standar pada tiap penemuan benda-benda kuno/bersejarah, juga dimaksudkan untuk menjaga keamanan benda kuno di lokasi temuan dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami sudah datangi lokasi dan kami akan segera laporkan kepada Bupati, kemudian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur, Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta dan BPCB Trowulan Mojokerto,” jelasnya, pada Senin 28 Januari lalu

Beberapa benda kuno seperti mangkuk, uang kepeng, hingga cupu diperkirakan berasal dari era Dinasti Ming dan dinasti Tang. Penafsiran itu berdasarkan hasil analisa fisik di lapangan, seperti ciri-ciri warna dan beberapa ukiran khas yang ditemukan pada benda kuno tersebut.

“Penemuannya antara lain, mulut kendi, tembikar, mangkok, kemudian ada uang logam. Ada sekitar 50 uang logam yang  masih lengket. Melihat ciri-ciri fisiknya diperkirakan era Dinasti Ming dan Tang pada masa Majapahit dulu. Mungkin mereka mempunyai hubungan diplomatik saat itu,” bebernya.

“Mungkin dibawa saudagar melalui jalur laut. Namun untuk pastinya menunggu keterangan dari tim (arkeolog dan BPCB,red),” imbuhnya saat ditanya tentang asal benda-benda tersebut. Hal yang masuk akal mengingat Panggul dulunya merupakan pusat pemerintahan pada jaman kolonial Belanda

Yang menarik dari temuan itu adalah untuk pertama kalinya benda kuno dari dua Dinasti China ditemukan di Kabupaten Trenggalek. Apalagi benda kuno itu diperkirakan dari masa Kerajaan Majapahit abad ke-15 atau sekitar 1400 tahun silam. Benda kuno yang sebelumnya ditemukan warga sekitar lainnya seperti beberapa arca saat ini tersimpan di rumah milik pengelola lahan.

“Ini sangat menarik. Karena sepengetahuan saya, di sepanjang Selatan Pesisir Jawa belum pernah ditemukan barang-barang keramik China,” kata Agus Prasmono,SS, Kepala Seksi Pelestarian Tradisi Sejarah dan Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek.

Namun berdasarkan cerita yang dia ketahui, di Kecamatan Panggul pada zaman Kolonial Belanda diyakini merupakan sebuah perkampungan multietnis, yaitu perpaduan antara penduduk lokal, Belanda, hingga penduduk Cina yang diyakini pernah berada di sana.

“Di situ dulu ada kehidupan  multi etnis. Teori ini didukung dengan penemuan benda lainnya seperti batu lumpang kuno yang jumlahnya lebih dari tiga dan beberapa benda kuno lainnya. Penduduk lokal tidak mungkin saat itu mempunyai barang seperti keramik Cina,” kata Agus.

foto : reruntuhan makam Cina kuno

Saat ini Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab. Trenggalek  telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar tentang pentingnya menjaga benda cagar budaya sembari menunggu tim dari BPCB Trowulan dan Balar Yogyakarta. Pada hari ini juga telah dilakukan kunjungan ke -2 ke lokasi temuan, karena ditemukan lagi sejumlah benda-benda seperti perhiasan, mangkuk, lonceng kecil dll (Kamis,31/01). Hal ini tentunya makin menguatkan tekad Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek untuk segera menggandeng PUSLIT ARKENAS, BALAR Yogyakarta,BPCB Trowulan, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur dan pihak-pihak berkompeten untuk  segera menindaklanjuti temuan spektakuler tersebut.

Next article Pejabat Baru, Harapan Baru
Previous article Launching Trenggalek City Branding

Related posts

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Comment

Your data will be safe! Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person. Required fields marked as *